Membuat PPPoE Server Wireless Dengan Mikrotik

Apa sih PPPoE (Point to Point over Ethernet) menurut sumber versi saya simple aja :) yaitu melakukan proses koneksi dengan cara Dial Up (nomer telp) dari suatu titik ke titik pusat server ISP melalui jaringan berupa username dan password yang diberikan agar dapat terhubung oleh server. Dalam artikel ini saya mengkonfigurasikan dengan mikrotik dan perangkat wireless. Untuk topologi jaringan PPPoE wireless ini bisa dilihat seperti gambar berikut dan saya menggunakan access point TP-LINK.
kurang lebih seperti itu deh topologinya, sory kalo gambarnya aneh
Ok sekarang masuk ke mikrotik asumsi IP mikrotik yg saya pakai 200.200.10.15 berada di ether 1

  gambar 1.
Buat IP baru untuk Interface ether2 dengan cara klik tombol “+” sebagai contoh 212.212.212.1/24 dan interface arahkan ke ether2 yg fungsinya ke arah Hub Switch CMIIW :) gambar 2. Terus buat lagi deh ke ether 3 asumsi IP saya 1.1.1.1/24 fungsi ini sih buat ke Access Point gambar 3.

gambar 2
gambar 3
Sekarang buat NAT dulu pada winbox arahkan ke IP-Firewall dan tab NAT gambar 4 lalu pindah ke tab Action gambar 5

Gambar 4

Gambar 5
Ok lanjut ke setingan DNS, DNS yang saya pakai boleh pinjem :) setelah konfigurasi DNS kita ke setingan Routes (Pengertian Routing adalah proses pengiriman informasi/data dari pengirim di suatu jaringan ke penerima yang berada di jaringan yang lain. gambar 6 dari gambar harusnya IP nya menuju ke ether 1 (200.200.10.15) gambar itu salah IP doank kq
gambar 6
Next kita buat IP Pool (pengalokasian IP dalam satu jaringan yang sudah ditentukan) isikan Name IP_POOL atau sesuiakan isi Address 212.212.212.1-212.212.212.10 yang berarti klien yang terkoneksi antara IP tersebut dengan jumlah maksimal klien sampai dengan 10 bisa juga lebih dari 10 tergantung setingan kita aja :D Gambar 7.
gambar 7
Berikutnya konfigurasi PPP (Point to Point Protocol) pada menu winbox klilk tombol PPP buka tab Profiles dan klik tombol “+” maka akan tampil New PPP Profile isi pada Name PROFILE_PPP atau sesuaikan dan Local Address (IP address yang digunakan sebagai gateway oleh mikrotik 212.212.212.1) Remote Address pilih IP_POOL yang telah dibuat sebelumnya pada gambar 7

gambar 8
Pada bagian tab PPPoE Servers klik tombol “+” untuk membuat baru. Maka akan tampil New PPPoE Service. Service Name isi PPPoE_server atau disesuiakan interface arahkan pada ether3 yang merupakan interface dari access point TP-LINK dan pada Default Profile arahkan PROFILE_PPP yang telah dibuat pada langkah sebelumnya pada gambar 8. Untuk Gambar 9 dibawah ini.

gambar 9
Pada bagian ini merupakan tahap akhir untuk membuat konfigurasi server koneksi PPPoE dengan mikrotik. Masih dimenu PPP dan arahkan pada tab secret lalu buat baru dengan cara klik tombol “+” , Name dan password yaitu username dan password yang diberikan oleh klien untuk menghubungkan dengan server. Profile arahkan pada PROFILE_PPP yang dibuat pada langkah gambar 8. Untuk Gambar 10 dibawah ini.


gambar 10
Konfigurasi PPPoE server pun sudah selesai, untuk membuat access pointnya bisa dilihat disini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mikrotik dengan judul Membuat PPPoE Server Wireless Dengan Mikrotik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://leslieanggara.blogspot.com/2011/03/membuat-koneksi-pppoe-server-wireless.html. Terima kasih!
Written by: Leslie Anggara -

Belum ada komentar untuk "Membuat PPPoE Server Wireless Dengan Mikrotik"

Post a Comment